Manusia dan keadilan (part 2)

duh, dah jam 00.00, ngebut neh mata dah 5 watt. oh no..
skrng saya akan melanjutkan dari part1 dan sekarang di part 2 ini saya akan bercerita tentang "hukum, dimata orang berduit dan orang biasa". cekidot...
kalian tahu kejadian yang belum lama ini yaitu kasus Gayus tambunan yang bisa pergi ke bali, semua keinginannya pasti akan terpenuhi, eh malah nyanyi. haha..
nah itu contoh kasus hukum di Indonesia, buktinya kata lagu Gayus, lucunya di negeri ini, hukuman bisa dibeli..
wah gawat.. apakah hukum di Indonesia seperti itu??
mudah²n nggak ya..
lalu kenapa orang biasa bisa mendapatkan hukuman lama sedangkan orang berduit hanya mendapat hukuman ringan, yang paling miris tuh kejadia waktu ada nenek yang mengambil sup malah masuk jeruji pdahal masalah sepele... mengapa bisa begitu yah?? (maaf saya hanya mengasih masukkan dan kritik, saya tidak ada di pihak mana pun, saya sebagai mahasiswa hanya mengemukakan pendapat saja).

sekarang ke definisi umum, apa itu HUKUM..?
Menurut wikipedia..


Hukum  adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa "Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela."


yah memang saya tidak mengerti hukum tetapi seharusnya kita juga jangan buta akan hukum tetapi kita harus melek dengan hukum agar kita bisa memahaminya...


sekarang ke studi kasus..
Kasus Gayus Simbol Hukum Bisa Dibeli Orang Berduit 


Jakarta - Setelah diketahui 'jalan-jalan' ke Bali saat berada di tahanan, diketahui pula Gayus Tambunan 'melancong' ke luar negeri dengan paspor bernama Sony Laksono. Kasus Gayus dinilai menjadi simbol bahwa hukum bisa dibeli.
"Semua yang terkait dengan kasus ini (jalan-jalan Gayus) harus diproses semua. Sepaya kasus ini jadi pembelajaran buat kita semua, karena ini simbol hukum bisa dibeli oleh orang berduit," ujar pengamat hukum dari Universitas Islam Indonesia, Dr Mudzakir, dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (8/1/2011).
Dia menambahkan, jika Gayus pergi ke luar negeri untuk mengamankan hartanya, pasti ada orang lain yang terlibat dan terkait dengan kejahatannya. Kejahatan yang dimaksud adalah yang terkait dengan dugaan mafia pajak, bukan sekadar kejahatan lolosnya dia dari tahanan dan penggunaan dokumen identitas palsu.
"Ini harus diinvestigasi. Saya setuju kalau kejahatan yang terkait pajak, KPK langsung ambil alih. Jadikan 2011 ini sebagai momentum untuk pemberantasan korupsi," imbuh Mudzakir.
Khusus untuk kasus 'jalan-jalan' Gayus, lanjut dia, bisa dibentuk tim khusus yang beranggotakan jaksa dan polisi. Dia mengandaikan tim ini semacam Tim Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Timtas Tipikor)  yang pernah dibuat bertahun lalu oleh presiden untuk. Timtas Tipikor kala itu dibentuk untuk menangani kasus korupsi di lingkungan pemerintahan.
"Tidak cukup Satgas karena Satgas tidak punya kewenangan investigasi. Yang penting, di tim ini ada polisi untuk melaksanakan tugas penyelidikan dan penyidikan serta jaksa untuk melaksanakan penuntutan," tutur Mudzakir.
Tim khusus ini, menurutnya, penting untuk mengatasi perkara khusus. Kasus Gayus, menurut dia, sudah menjadi masalah yang luar biasa sehingga perlu penanganan yang luar biasa pula.
"Mungkin prosesnya biasa, tapi intensitas dan keseriusannya harus luar biasa," tutup Mudzakir.
Gayus telah mengaku kepada polisi bahwa dia pergi ke Macau, Kuala Lumpur, dan Singapura pada akhir September tahun lalu. Pengakuan didapatkan setelah Gayus diperiksa secara intesif oleh polisi. Dia pergi dengan paspor bernama Sony Laksono namun fotonya adalah Gayus yang mengenakan wig dan kacamata.
Sony Laksono adalah nama yang digunakan Gayus Tambunan untuk terbang ke Bali pada awal November. Devina, seorang warga Depok, akhir pekan lalu menulis surat pembaca di Kompas bahwa dia melihat pria mirip Gayus Tambunan pada bulan September 2010.
Selama ditahan di Rutan Brimob Kelapa Dua, Gayus disebut-sebut 65 kali keluar masuk sel seusai sidang dengan menyetor sejumlah uang. Praktik kotor ini berakhir setelah kepergiannya ke Bali terkuak. Kini Gayus dipindahkan ke LP Cipinang, sedangkan mantan pengelola Rutan Brimob jadi pesakitan Mabes Polri.



source: http://www.detiknews.com/read/2011/01/09/104928/1542486/10/kasus-gayus-simbol-hukum-bisa-dibeli-orang-berduit

KESIMPULAN
jadi kita sebagai bangsa indonesia harus taat pada hukum namun kita juga harus memahami hukum yang ada di negeri ini agar kita bisa memahami hukum tersebut.. Selesai juga...
Alhamdulillah...
cape euy mau tdur dlu ah, kita lanjut di bab selanjutnya..

Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum

Manusia dan keadilan (part 1)

duh, hari dah malem bgt nih sekitar jam 23.30..
ngebut neh bwat ngerjain tugas, baru kelar ngerjain laporan langsung psoting di minggu ini dan kali ini akan bercerita tentang Manusia dan keadilan, saya akan bercerita tentang "Keadilan Moral"


kalian tahu apa artinya keadilan?
menurut wikipedia..
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawlsfilsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" . Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil". Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.


kalau Moral apa?
menurut wikipedia..

Moral (Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang mempunyai nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral dalam zaman sekarang mempunyai nilai implisit karena banyak orang yang mempunyai moral atau sikap amoral itu dari sudut pandang yang sempit. Moral itu sifat dasar yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia harus mempunyai moral jika ia ingin dihormati oleh sesamanya. Moral adalah nilai ke-absolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat.Moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam ber interaksi dengan manusia. apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai mempunyai moral yang baik, begitu juga sebaliknya.Moral adalah produk dari budaya dan Agama.
moral juga dapat diartikan sebagai sikap,perilaku,tindakan,kelakuan yang dilakukan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman,tafsiran,suara hati,serta nasihat,dll.

Jadi kesimpulannya..
Keadilan Moral menurut saya adalah sejenis bentuk keadilan yang berupa dukungan moral agar perilaku kita bisa dijaga dan jangan berbuat negatif karena moral kita bergantung dari kepribadian kita sebagai manusia. dan moral pun butuh keadilan pula.. (maaf kata²nya acak²an maklum dah ngantuk. haha..)

yah begitulah definisi dari 2 pengertian tersebut, lalu kita ke studi kasus sekarang..
Perempuan, Antara Krisis Moral, Perjuangan Menuju Keadilan dan Membentuk Jadi Diri

PEREMPUAN, pada tanggal 8 maret akan memperingati hari besarnya sedunia, dengan berbagai macam aksi dan kegiatan sosial yang tujuannya untuk menunjukkan pada dunia akan eksistensi perempuan sedunia. Seluruh organisasi perempuan menjadikan momen hari perempuan sedunia sebagai kesempatan untuk mengkampanyekan hak-hak perempuan berhubungan dengan diskriminasi dan ketidakadilan gender yang selama ini masih dirasakan membelenggu kaum perempuan. 
Namun tulisan ini bukanlah bermaksud memaparkan eforia akan peringatan hari perempuan sedunia (Women’s Day), melainkan merupakan paparan sederhana yang mencoba menyingkap berbagai fenomena di sekitar perempuan masa kini, mulai krisis moral perempuan, ketidakadilan gender dan perjuangan menuju keadilan dan upaya untuk membangun citra diri perempuan menuju kemuliaan.
Hal ini perlu diungkapkan karena banyak terjadi pergeseran nilai pada perempuan yang mengakibatkan terjadinya kemerosotan moral yang menyebabkan perempuan kehilangan identitasnya sebagai kaum pendidik yang senantiasa menjaga kehormatan dan harga diri. Selain itu ketidakadilan gender yang masih terjadi di sekitar kita membangkitkan semangat kaum feminis untuk terus menyuarakan dan memperjuangkan hak-hak perempuan.

1. Perempuan Dan Krisis Moral
Perempuan adalah insan yang mulia di sisi Allah SWT, yang padanya terdapat tanggung jawab yang mulia yaitu sebagai seorang yang mempunyai nilai yang sama dengan laki-laki di sisi Allah SWT dalam beramal shaleh (QS: 3:195). 
Selain itu perempuan bertanggung jawab sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya, sebagai pengayom dan penentram keluarga dan juga merupakan benteng pertahanan sebuah bangsa. Islam memuliakan perempuan dengan segala aspek ibadah dan tanggung jawabnya, bahkan islam menempatkan perempuan pada posisi utama seperti dengan gambaran surga berada di bawah telapak kaki ibu (perempuan).
Namun yang terjadi dewasa ini justru sebaliknya. Perempuan mengalami degradasi moral di tengah hiruk pikuknya kampanye yang menyuarakan hak-hak perempuan dan ketidakadilan gender, serta upaya pembebasan perempuan dari belenggu diskrimisasi, beban ganda dan pelecehan seksual serta rendahnya kualitas pendidikan dan minimnya peran perempuan dalam berbagai bidang politik, ekonomi serta bidang-bidang lainnya. Kita terhenyak dengan kasus video porno yang seolah-olah “menelanjangi” kehormatan perempuan Indonesia. 
Ini merupakan salah satu contoh degradasi moral perempuan Indonesia. Perempuan yang berharga diri rendah. Perempuan yang hanya layak diperlakukan sebagai “sampah”. Ini merupakan salah satu contoh kasus degradasi moral perempuan diantara ribuan kasus lainnya. Masih banyak contoh lain, seperti perempuan (ibu) yang tega menganiaya dan membunuh anaknya, perempuan yang bertindak sebagai germo, dan perempuan yang berbisnis narkoba. 
Lalu jika perempuan seperi ini, bagaimana dengan generasi penerus kita? Tidakkah ini menjadi salah satu pelajaran penting bagi kita di hari perempuan sedunia? Akankah kita bangga menjadi perempuan penggoda yang tidak berperi kemanusiaan ataukah kita akan terus berjuang menjadi perempuan yang memegang teguh nilai-nilai moral dan agama serta menjaga kehormatan diri?. 
Menegakkan keadilan gender adalah salah satu tujuan kita, namun menjaga diri dari kemerosotan akhlak dan nilai-nilai moral adalah kewajiban kita. Jadi wahai kaum perempuan, jagalah harga dirimu, juga untuk kemuliaanmu.

2. Perempuan dan Ketidakadilan Gender
Kata gender berasal dari bahasa Inggris yang artinya jenis kelamin. Di dalam Women’s Studies Encyclopedia dijelaskan, gender adalah suatu konsep kultural yang berupaya membuat pembedaan dalam hal peran, perilaku, mental dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang di masyarakat. 
Gender sebagai konstruksi sosial telah membedakan peran dan posisi perempuan dan laki-laki di dalam keluarga dan masyarakat. Pembedaan ini diturunkan secara kultural dan menjadi kepercayaan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya serta diyakini sebagai ideologi. 
Oleh sebab itu gender sebagai konstruksi sosial tidak abadi, tetapi berubah dari waktu ke waktu serta sangat dipengaruhi oleh politik, budaya, sosial dan ras.
Peranan gender adalah peranan sosial yang ditentukan oleh perbedaan kelamin, seperti mengasuh anak dan mengurus rumah tangga digolongkan sebagai peranan dan tanggung jawab wanita, sedangkan mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan rumah tangga adalah peran dan tanggung jawab laki-laki. 
ni harus dipahami bahwa tugas tersebut adalah sebagai peranan gender bukan peranan kodrat. Dengan kata lain, peranan ini tidak menjadi sebuah kemutlakan, akan tetapi jika kondisi yang tidak memungkinkan atau dengan kesepakatan kedua belah pihak, peran tersebut bisa ditukar atau digantikan. 
Sangat berbeda sekali dengan peranan kodrat yang tidak bisa digantikan, seperti haidh, hamil, melahirkan dan menyusui adalah peranan kodrat perempuan yang sampai kapan pun tidak akan dapat digantikan oleh laki-laki. Sehingga akan sangat berbeda tentang pemahaman makna antara peranan gender dan peranan kodrat.
Masalah gender adalah masalah yang timbul karena pandangan baku (stereotype) laki-laki dan perempuan dalam kaitan dengan peranan gender dan pembagian kerja gender. 
Masalah gender timbul apabila terdapat sikap diskriminatif yang menunjukkan suatu perlakuan yang berbeda terhadap laki-laki dan perempuan. Perlakuan berbeda ini didasarkan pada perbedaan jenis kelamin, umpamanya dalam masalah upah dan penggajian yang berbeda kepada pegawai laki-laki dan perempuan yang menduduki jabatan dan tugas yang sama. Contoh lain adalah perlakuan yang berbeda terhadap anak laki-laki dan perempuan dalam hal pendidikan, pengasuhan, kesempatan belajar, kesempatan kerja dan sebagainya.
Perbedaan peranan gender di dalam struktur masyarakat berakibat pada ketidak adilan dan ketimpangan sosial antara laki-laki dan perempuan. Hal ini terjadi apabila ada tindakan atau perlakuan yang menunjukkan sikap diskriminatif yang didasarkan kapada perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan. 
Ironisnya sikap diskriminatif ini pada kenyataannya menimpa kaum perempuan dan memihak kaum laki-laki. Seperti perlakuan yang berbeda terhadap anak laki-laki dan perempuan dalam hal pendidikan, pengasuhan dan sebagainya. Atau perlakuan yang berbeda kepada pegawai laki-laki dan perempuan dalam hal upah, dispensasi, peluang kerja atau lainnya. Ketidakadilan terhadap perempuan dapat terjadi dimana saja dalam lingkup domestik atau publik. 
Bentuk ketidakadilan gender dapat berupa peran ganda (Double Burden), subordinasi (penomorduaan), pelabelan ( stereotype), dan kekerasan (violence). Peran ganda adalah adanya dua beban pekerjaan bahkan lebih yang harus diemban perempuan. Dan ini sangat merugikan perempuan. Ini merupakan ketidakadilan gender karena perempuan akan terbeban dan merasa tersiksa. Ketidakadilan gender dalam bentuk subordinasi perempuan ditempatkan pada jajaran kedua setelah laki-laki karena keberadaan perempuan dianggap tidak penting atau sebagai pelengkap semata. 
Label-label negative yang diberikan masyarakat kepada perempuan juga merupakan bentuk ketidakadilan gender. Bentuk ketidakadilan gender yang sangat popular adalah Violence (kekerasan), baik itu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan ekonomi, kekerasan seksual maupun kekerasan politik. Hal ini masih ada disekitar kita. 
Ini terjadi karena pemahaman yang salah tentang gender dan adanya kontruksi sosial yang telah mengakar dengan kuat yang menempatkan posisi perempuan berada di bawah dan lemah. Untuk itu sudah menjadi kewajiban perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya dengan mempertimbangkan fungsi kodrat, sesuai dengan norma-norma dan tidak salah kaprah dan memperjuangkan keadilan gender. 
Perempuan harus cerdas dan tahu apa yang diperjuangkannya adalah suatu hal yang mulia bukan merupakan dominansi terhadap laki-laki, sehingga laki-laki merasa terancam posisinya. Upaya untuk menegakkan keadilan gender adalah upaya untuk memposisikan perempuan sebagaimana layaknya diposisikan, yaitu sebagai mitra laki-laki bukan sebagai budak, bawahan atau pemuas laki-laki. Perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki menandakan wanita sebagai pendamping laki-laki yang mempunyai kedudukan yang sama disisi Allah SWT. 
Wanita tidak diciptakan dari tulang kaki laki-laki yang menandakan perempuan bisa diinjak-injak oleh laki-laki dan wanita tidak juga diciptakan dari tulang kepala yang dapat menguasai laki-laki. Namun perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki sebagai mitra, partner, kawan yang masing-masing mempunyai tugas mulia di sisi Allah.

3. Pembelaan Islam Terhadap Perempuan
Pada masa kejayaan Yunani kuno (sekitar abad II-III SM), kalangan elit menempatkan perempuan sebagai makhluk tahanan yang terkunkung di dalam istana. Sedangkan kalangan bawah menganggap perempuan sebagai komoditas yang dapat diperjualbelikan di pasar. Tidak jauh berbeda nasib perempuan dalam masyarakat peradaban Romawi yang mutlak berada di bawah kekuasaan ayah. 
Seorang ayah berhak mengusir, menjual, menganiaya bahkan membunuh putrinya sendiri. Realita kelam ini terus berlangsung hingga abad ke-6 masehi. Di dalam masyarakat hindu pra abad ke-7 masehi, perempuan yang memiliki suami harus mengakhiri hidupnya tepat disat suaminya meninggal dengan cara membakar dirinya hidup-hidup bersama api yang membakar mayat suaminya.
Dalam agama yahudi perempuan dianggap sebagai sumber laknat. Mereka menganggap perempuanlah yang telah menyebabkan Adam as, diusir dari surga. Sehingga segala hal yang bersifat negative selalu ditujukan kepada perempuan. Hal ini juga berlaku dalam tradisi nasrani, yang menganggap perempuan sebagai sumber kesalahan yang menyebabkan Adam as.
Terusir dari surga. Sejarah juga mencatat nasib perempuan di negeri Jepang bagaikan orang tahanan rumah. Begitu juga yang terjadi di Negara Cina. Di Eropa perempuan seperti budak yang tidak memiliki hak, sebagaimana juga di Persia, perempuan sama sekali tidak ada harganya. 
Bagi kaum jahiliyah Arab, mendapatkan anak perempuan adalah aib yang memalukan (QS. An-Nahl: 58-59). Perempuan tidak mempunyai hak apa-apa, hanya sebagai pemuas laki-laki. Dalam tradisi jahiliyah, pria beristeri lebih dari satu adalah sesuatu yang biasa, bahkan tanpa ada batas.
Ketika Islam datang, Al-Quran memberikan perhatian yang sangat istimewa pada perempuan. Karena salah satu misi pokok Al-quran adalah menjunjung tinggi harkat dan martabat kaum perempuan. Islam sangat menjunjung tinggi nilai persaudaraan, persamaan, keadilan dan kebebasan. 
Islam memandang perempuan dan laki-laki diciptakan dari jenis yang sama, memiliki kedudukan dan derajat yang sama di hadapan Allah SWT. Perbedaan kedudukan dan derajat perempuan dan laki-laki bukan diukur dari jenis kelamin yang dimilikinya, tapi terletak pada ketaqwaannya (QS. Al Hujarat: 13). Balasan yang diberikan Allah SWT sebagai balasan perbuatannya sewaktu di dunia adalah sama.
Ketika perempuan akan menikah, Islam mengharuskan untuk dimintai pendapatnya terlebih dahulu karena perempuan juga memiliki hak memilih. Penentuan mas kawin adalah hak penuh perempuan yang akan menikah dengan hak pemilikan yang muthlak ( QS. An-Nisa: 20). Setelah menikah, Islam mewajibkan kepada pihak suami untuk memenuhi hak-hak perempuan sebagai isteri dengan adil dan seimbang. Dalam pernikahan, Islam pada prinsipnya adalah monogamy. Poligami adalah pengecualian yang bersifat darurat. Itupun dengan syarat suami harus adil dalam segala hal. 
Dalam urusan keagamaan perempuan dan laki-laki memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menjalankan ajaran agama Islam. Ini hanya sebagian yang bisa dipaparkan tentang sebagian pembelaan Islam terhadap perempuan diantara banyaknya penghormatan yang diberikan Islam kepada perempuan. Islam mengangkat harkat dan martabat perempuan dari kenistaan pada kemuliaan.
KESIMPULAN
jadi kita sebagai warga negara yang baik harusnya bisa menjaga perilaku kita agar terhindar dari perbuatan yang negatif karena moral kita digantungkan pada perbuatan kita oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus memiliki moral yang baik agar bisa sukses kedepannya. Amin..

Lanjut ke part 2, malam ini tugas harus selesai. Semangat..!!

sumber referensi:

Manusia dan Penderitaan (Part 2)

Yah hari sudah mau maghrib neh, sebelum sholat langsung ke postingan part2 , setelah tadi kita di part1 bercerita tentang Penderitaan TKI, saat ini pada part2 saya kan bercerita yang lsedang update saat ini yaitu tentang Bencana Tsunami Di Jepang. Cekidot..


Sebelum itu, saya ingin menjelaskan definisi Tsunami, menurut wiikipedia, Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteordi laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.


Itu pengertian dari wikipedia, kalau menurut saya Tsunami itu terjadi karena adanya lempengan yang naik dan mengakibatkan air laut menjadi pasang dan naik. Dan yang baru² ini adalah terjadinya bencana Tsunami di Jepang.


STUDI KASUS




Jakarta - Jumlah warga Jepang yang dilaporkan tewas dan hilang karena gempa dan tsunami terus bertambah. Hingga malam ini korban tewas dan hilang karena gempa dan tsunami di Jepang melampaui 21.000 jiwa.

Seperti dikutip detikcom dari AFP, Minggu (20/3/2011), Kepolisian Nasional Jepang menyebutkan 8.450 orang telah dikonfirmasi tewas dan 12.931 orang lainnya dinyatakan hilang. Total korban tewas dan hilang hingga saat ini 21.381 orang.

Daerah perfektur Miyagi dilaporkan paling banyak korban tewas. Korban tewas di kawasan ini mencapai 5.053 orang. Kepolisian wilayah Miyagi bahkan memperkirakan masih ada 10.000 warga lainnya hilang.

Perfektur Iwate juga tak kalah parah. Sebanyak 2.650 warga dilaporkan tewas. Fukushima, tempat terjadinya kecelakaan PLTN juga kehilangan 691 orang warganya karena tsunami di Jepang.

Gempa dan tsunami di Jepang awal bulan ini menjadi bencana alam paling mematikan di Jepang sejak gempa Kanto pada tahun 1923 yang menewaskan lebih dari 142.000 orang.

Source: http://www.detiknews.com/read/2011/03/20/231353/1596968/10/korban-tewas-dan-hilang-akibat-tsunami-di-jepang-21381-orang

KESIMPULAN
Dari materi dan studi kasus tentang bencana Tsunami di jepang dapat disimpulkan bahwa jenis penderitaan selain siksaan ada pula dalam bentuk bencana, dan bencana ini kadang bisa berakibat kita trauma karena kita akan selalu teringat dengan kejadian itu, dan juga ada yang tersiksa dan juga merasa menderita akibat kejadian itu dan untuk antisipasi maka kita harus berjuang bagaimana agar bencana itu dalam benak kita dapat diselesaikan yaitu dengan cara berjuang agar bencana cepat berlalu dengan membantu sesama dan juga diharapkan agar trauma dan ketakutan atau phobia itu bisa hilang. Selesai..
wah, waktu sudah maghrib dan alhamdulillah tugas selesai, sebelum saya sholat saya mengucapkan terima kasih jika ada yang sempat membaca artikel ini. terima kasih.. Sampai jumpa di BAB VII nanti, Assalamualaikum..


sumber referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Tsunami

Manusia dan Penderitaan (Part 1)


Yah, hari ini baru selasa, ya sudah mumpung ga ada kerjaan saya lebih baik posting tugas ini saja. Kali ini saya sudah masuk ke BAB VI tentang "Manusia dan penderitaan", di part 1 ini saya akan bercerita tentang penderitaan TKI di luar negeri. Cekidot..
Apa yang anda ketahui tentang TKI??

Apa singkatan TKI??

TKI adalah singkatan dari Tenaga kerja Inodonesia, fungsinya adalah untuk membantu pekerjaan manusia tetapi berada di luar negeri entah di Arab, malaysia, Mesir dan sebagainya. Kita lihat sekarang ini nasib para TKI di luar sana, sangat menderita, mengapa? Karena disana para TKI diperlakukan tidak layak oleh majikannya. Banyak sekali saat ini kasus kekerasan para TKI di luar sana, saya contohkan kasus Haryatin, seorang TKI dari blitar yang disiksa hingga buta. Astaghfirullah..



STUDI KASUS
Kronologi Penyiksaan TKI Haryatin Hingga Buta

Jakarta - Tak hanya mengadu ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Blitar, Jawa Timur, Haryatin (30) juga mengadukan nasibnya ke DPR RI dan diterima oleh Komisi 9, Senin (6/12/2010).

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Komisi 9 terungkap kronologis penyiksaan ibu satu anak ini.

Berikut kronologisnya:

Haryatin mendaftarkan dirinya untuk menjadi PRT Migran ke Arab Saudi melalui PT Kemuning Bunga Sejati pada bulan November 2006

Karena dirasa mampu berbahasa Arab, Haryatin hanya tinggal di penampungan sekitar 1 bulan lamanya. Dan pada tanggal 12 Desember 2006, Haryatin diberangkatkan ke Arab Saudi dan dijemput oleh staf Agent Al Jovan Manpower Office.

Haryatin kemudian dijemput oleh anak majikan bernama Fatimah atau Fatma. padahal dalam kontrak kerja, majikan Haryatin bernama Haya Mubarok Said Adusry.

Selama bekerja di rumah Fatma, Haryatin bekerja hampir 24 jam setiap harinya. Sampai bulan pertama bekerja, tiba-tiba Fatma marah-marah karena menganggap pekerjaan haryati tidak bagus. Haryati kemudian didorong dan dipukul sehingga Haryati ketakutan kemudian lari ke rumah orangtua Fatma, Haya.

Sesampainya di rumah Haya, orang yang bersangkutan tidak ada di rumah. Tidak berselang lama, Fatma kemudian menjemput Haryatin sambil melakukan penganiayaan seperti mencambuk kepala dan punggung dengan menggunakan selang air. Penganiyaan tersebut menyebabkan tangan Haryatin berdarah, kepala benjol dan punggung memar.

Penganiayaan itu terus berlanjut setiap harinya dengan sasaran pemukulan di kepala dan mata Haryatin.

Pada bulan ketiga, majikan Haryatin meminta Haryatin untuk menelepon keluarganya di Blitar. Haryatin kemudian melaporkan bahwa dirinya selalu disiksa oleh majikannya.

Setelah mendengar kabar tersebut, suami Haryatin yang bernama Samsul Huda meminta  PT Kemuning Bunga Sejati untuk memulangkan Haryatin. Setelah itu, Samsul berusaha menghubungi Haryatin ke nomor rumah Fatma.

Mengetahui Haryatin menerima telepon dari suaminya, ia pun disiksa kembali dengan dibenturkan kepalanya, ditendang, dipukul dengan kabel, ditampar mukanya dengan hanger dari rotan dan ketika Haryatin terjatuh, ia pun diinjak-injak.

Pada bulan ketujuh, Haryatin berusaha melarikan diri melalui penampungan air di belakang rumah lantai 2. Namun ia terjatuh di kebun tetangga dan pingsan hingga tak bisa berjalan selama 3 hari. Selama itu tidak diberi makan disertai siksaan.

Samsul yang melapor perihal istrinya ke PT Kemuning Bunga Sejati mendapat jawaban yang tidak memuaskan. PT Kemuning Bunga Sejati mengatakan pihaknya tidak bisa memulangkan Haryatin sebelum kontraknya sudah habis atau ada surat tertulis dari Haryatin yang menyatakan telah disiksa.

Pada bulan kesepuluh, Haryatin diminta Fatma untuk mengambil blender. Namun setelah diambilkan, Fatma kemudian menyiksa Haryatin lagi dengan menampar wajah dan membenturkan kepala ke tembok sampai Haryatin buta.

Satu bulan berikutnya, pihak Agency pernah menghubungi Haryatin untuk menanyakan kabarnya. Namun karena Fatma menunggui percakapan tersebut, Haryatin tidak berani mengungkapkan kondisinya yang telah menjadi buta.

Setelah tahun pertama, Haryatin minta dipulangkan ke Indonesia akan tetapi Fatma hanya memindahkannya ke rumah orangtunya, Haya. Walau dipindah, Haryatin tetap menerima siksaan hingga bekerja selama 31 bulan di rumah Haya. Selama penyiksaan, Haryatin pernah dijungkirbalikkan dan alat reproduksinya dipukul dengan mengggunakan rotan.

Pada suatu hari, Haryatin disuruh untuk mengemasi pakaian dan diajak pergi untuk berobat. Namun bukan diajak berobat, Haryatin rupanya diajak untuk mencari TKI lain yang akan pulang ke Indonesia.

Selama 11 hari Haryatin dicarikan teman yang akan memandu perjalanan. Dan akhirnya bertemu dengan pasangan asal Bojonegoro, Jawa Timur. Haryatin kemudian diajak pulang ke Indonesia oleh orang tersebut.

Haryatin diterbangkan dari Riyadh menuju Hongkong kemudian tiba di Surabaya tanggal 4 Agustus 2010.

Tanggal 11 Agustus 2010, Haryatin berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah Mardi Waluyo Wlingi Blitar. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Haryatin dirujuk ke Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya.

Pada tanggal 28 November 2010, pihak PT Kemuning Bunga Sejati memfasilitasi Haryatin untuk berobat ke RS Aini Jakarta.

Source: http://detiknews.com/read/2010/12/06/195519/1510381/10/kronologi-penyiksaan-tki-haryatin-hingga-buta?nd992203topnews=

Subhanallah, sangat kejam sekali kelakuan majikan Haryatin. memang beginilah hidup, dia pun ingin menjadi TKI bukan karena sebab tapi karena ingin menanggung hidup dan juga karena faktor ekonomi lah seperti contoh ini mau jadi seorang TKI, padahal di Indonesia sendiri masih banyak sekali lapangan pekerjaan yang layak, memang beginilah hidup.

KESIMPULAN


Dari tulisan yang saya buat dan contoh kasus yang saya temukan bahwa manusia dan penderitaan memang berhubungan karena penderitaan membawa dampak tanggungan dari apa yang kita perbuat, jadi kita sebagai manusia seharusnya tegar dan jangan putus asa dikala kita sedang mengalami penderitaan. jadi penderitaan seperti yang saya tuliskan di blog ini adalah contoh dari penderitaan dalam bentuk siksaan dan dari siksaan itu muncul kepanikan dan juga ketakutan sendiri bagi yang menderita, jadi oleh sebab itu kita jika sedang menderita harus Keep Spirit dan terus semangat. SELESAI...
Lanjut ke part 2 yah..

Manusia Dan Keindahan (Part 2)

wah, hari semakin malam dan saya pun mau tidur,saatnya ngebut untuk mengerjakan tugasku ini, setelah tadi kita di part 1 tentang Punk Rock, sekarang kita ke part2, sekarangsaya akan menceritakan tentang budaya tarian khas indonesia dari daerah saya, yaitu jaipongan,,
apakah anda tahu jaipongan itu apa?


ini dia definisinya..


Jaipongan adalah sebuah genre seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal BandungGugum Gumbira. Perhatiannya pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan/Bajidoran atau Ketuk Tilu. Gerak-gerak bukaanpencugannibakeun dan beberapa ragam gerak minciddari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan.
Sebelum bentuk seni pertunjukan ini muncul, ada beberapa pengaruh yang melatarbelakangi bentuk tari pergaulan ini. Di Jawa Baratmisalnya, tari pergaulan merupakan pengaruh dari Ball Room, yang biasanya dalam pertunjukan tari-tari pergaulan tak lepas dari keberadaan ronggeng dan pamogoran. Ronggeng dalam tari pergaulan tidak lagi berfungsi untuk kegiatan upacara, tetapi untuk hiburan atau cara gaul. Keberadaan ronggeng dalam seni pertunjukan memiliki daya tarik yang mengundang simpati kaum pamogoran. Misalnya pada tari Ketuk Tilu yang begitu dikenal oleh masyarakat Sunda, diperkirakan kesenian ini populer sekitar tahun 1916. Sebagai seni pertunjukan rakyat, kesenian ini hanya didukung oleh unsur-unsur sederhana, seperti waditra yang meliputi rebabkendang, dua buahkulanter, tiga buah ketuk, dan gong. Demikian pula dengan gerak-gerak tarinya yang tidak memiliki pola gerak yang baku, kostum penari yang sederhana sebagai cerminan kerakyatan.
Seiring dengan memudarnya jenis kesenian di atas, mantan pamogoran (penonton yang berperan aktif dalam seni pertunjukan Ketuk Tilu/Doger/Tayub) beralih perhatiannya pada seni pertunjukan Kliningan, yang di daerah Pantai Utara Jawa Barat (KarawangBekasiPurwakartaIndramayu, dan Subang) dikenal dengan sebutan Kliningan Bajidoran yang pola tarinya maupun peristiwa pertunjukannya mempunyai kemiripan dengan kesenian sebelumnya (Ketuk Tilu/Doger/Tayub). Dalam pada itu, eksistensi tari-tarian dalam Topeng Banjet cukup digemari, khususnya di Karawang, di mana beberapa pola gerak Bajidoran diambil dari tarian dalam Topeng Banjet ini. Secara koreografis tarian itu masih menampakan pola-pola tradisi (Ketuk Tilu) yang mengandung unsur gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid yang pada gilirannya menjadi dasar penciptaan tari Jaipongan. Beberapa gerak-gerak dasar tari Jaipongan selain dari Ketuk Tilu, Ibing Bajidor serta Topeng Banjet adalah Tayuban dan Pencak Silat.
Kemunculan tarian karya Gugum Gumbira pada awalnya disebut Ketuk Tilu perkembangan, yang memang karena dasar tarian itu merupakan pengembangan dari Ketuk Tilu. Karya pertama Gugum Gumbira masih sangat kental dengan warna ibing Ketuk Tilu, baik dari segi koreografi maupun iringannya, yang kemudian tarian itu menjadi populer dengan sebutan Jaipong..


STUDI KASUS
Goyang "Bujur" yang Bikin Risih Gubernur  


Jakarta - "Goyang Mang", sapaan Putri Malam ini sempat akrab di telinga masyarakat pemirsa televisi tahun 2000-an. Setelah menyapa, Sang Putri Malam lalu bergoyang mengikuti rampak gendang jaipong.

Melly Zamri, sosok di balik topeng Sang Putri Malam mengaku, dalam bergoyang ia sering berimprovisasi. Tapi tentunya tidak terlepas dari ketukan gendang jaipong yang jadi dasar setiap gerakannya.

Lantas bagaimana jika goyang, gitek, dan geol atau 3G yang jadi ciri jaipong itu dibatasi? "Tentu tidak akan maksimal. Karena ketiga gerakan itulah yang menjadi ciri khas jaipongan. 3G itu ruh dari jaipongan," kata Melly Zamri saat berbincang-bincang dengan detikcom.

Melly, yang juga seorang koreografer tari, secara terang-terangan mengaku tidak kepikiran bila harus membuat tari jaipong yang minim goyang, gitek dan geolan. "Waduh gue bingung juga mikirnya. Kalau gerak tari jaipong dibatesin. Karena ciri khas jaipong itu di goyangan dan geolannya," aku Melly.

Belakangan pembatasan 3G di tari jaipong jadi pembicaraan hangat di wilayah Jawa Barat, daerah asal seni tari tersebut. Pasalnya, ada imbauan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, supaya para penari jaipongan tidak terlalu mengumbar gerakan 3G.

Alasan Heryawan, banyak masyarakat di Jawa Barat yang risih melihat goyangan penari jaipong. Apalagi goyangan jaipong selama ini dianggap berpotensi mengundang syahwat.

Imbauan itu disampaikan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Herdiwan. Batasan yang diinginkan sang gubernur, kata Herdiwan, para penari jaipong diminta menutup ketiaknya dan mengurangi goyang, gitek dan geolnya dalam setiap pertunjukan.

"Yang tidak sreg tidak hanya gubernur, sebagian masyarakat juga dikatakan ada yang terganggu dengan penampilan penari jaipong. Terutama goyangan si penari," ujar Herdiwan.

Karena dianggap sebagai tarian pengumbar syahwat, sempat tersiar kabar di kalangan seniman Jawa Barat, kalau gubernur akan mengeluarkan SK atau peraturan. Tapi informasi itu buru-buru dibantah Herdiwan.

"Tidak ada larangan tari jaipong. Itu tidak benar. Saya sudah cek ke Sekretariat Daerah Pemprov tidak ada SK atau Pergub soal itu," sanggahnya.

Namun penjelasan Pemprov Jabar tidak begitu saja melegakan hati para seniman jaipong. Mereka khawatir ekses bisa berdampak pada pelarangan tari jaipongan oleh para pejabat di tingkat bawah. Dan tidak mustahil imbauan itu diartikan sebagai pelarangan oleh pejabat di bawah gubernur.

"Kami khawatir imbauan gubernur ditafsirkan sebagai larangan. Itu yang mengkhawatirkan kami sebagai seniman jaipong," kata Gugum Gumbira, tokoh jaipong asal Bandung.

Gugum juga mengaku heran jika goyang jaipong disebut mengumbar syahwat. Baginya, goyangan sang penari jaipong merupakan sebuah ungkapan kondisi masyarakat di Jawa Barat yang diekspresikan dalam sebuah gerak tari.

"Tidak benar atuh kalau goyangan bujur (bokong) bisa mengajak mesum. Yang ada, kata-kata yang bisa mengajak orang untuk berbuat mesum," ujar Gugum pendiri sanggar jaipong 'Jugala'.

Itu sebabnnya pandangan gubernur yang menganggap tari jaipong bisa mengumbar birahi dikatakan Gugum tidak beralasan.

Dosen tari STSI Bandung Mas Nanu Muda juga sepakat dengan Gugum. Menurutnya, goyang jaipong bukan bermaksud mengumbar seksualitas. Tapi sebagai teknik tarian yang sepadu dengan irama gendang.

Setiap gerak tari jaipong punya makna tertentu yang ada di masyarakat Jawa Barat yang agraris. Melak dan ngala yang berarti menanam dan memetik selama ini menjadi dasar munculnya sebuah gerak tari jaipong. Kalau iramanya lambat itu perlambang dari kesabaran. Sedangkan gerakan cepat bermakna wujud rasa syukur.

"Goyang jaipong itu merupakan lambang kesuburan. Jadi jangan cuma lihat geraknya saja. Karena setiap gerak jaipong ada makna filosofisnya," kata Nanu Muda.

Adanya pembatasan gerakan khas jaipong, menurut para seniman Jawa Barat, sama saja membatasi bentuk sabar dan syukur yang tertuang dalam sebuah tari. Padahal budaya tersebut sudah sejak ratusan tahun melekat di masyarakat Pasundan.



source: http://www.detiknews.com/read/2009/02/09/122350/1081709/159/goyang-bujur-yang-bikin-risih-gubernur

OPINI & KESIMPULAN
dari semua materi ini dapat disimpulkan bahwa kesenian itu bersifat indah karena memiliki nilai estetika di dalamnya, dan kita sebagai bangsa Indonesia yang baik harus melestarikan kebudayaan khas Indonesia agar tidak diambil oleh negara lain dan kita sebagai generasi muda harus melek dengan kebudayaan dan berharap uuntuk kedepannya Indonesia bisa lebih baik lagi. Amin..

Manusia Dan Keindahan (Part 1)


PUNK ROCK


Malam ini saya akan memposting kembali tugas mata kuliah IBD, disini saya akan bercerita tentang sejarah music punk rock dan apa keindahan dari music tersebut..

Cekidot...



Pertama yang saya tanyakan, apa itu genre punk rock? Kapan genre ini berkembang? Siapa saja pelopor music genre ini? Mari kita lihat..



Punk rock merupakan musik rock genre yang dikembangkan antara tahun 1974 dan 1976 di Amerika Serikat, Kerajaan Inggris dan Australia. Berakar di garasi rock dan bentuk lain dari apa yang sekarang dikenal sebagai protopunk musik, punk rock dihindari ekses yang dirasakan tahun 1970-a. Jenis musik yang diusung biasanya dibuat cepat, lagunya pendek, berinstrumentasi stripped – down. Yang kita ketahui bahwa genre music punk rock biasa ditandai dengan pemberontakan dan juga mempunyai ciri khas dengan gaya pakaian ala punk dan juga perhiasan..

Dan ciri khusus genre punk rock biasanya terdiri dari satu drum kit, satu atau dua electric guitar, satu electric bass, dan vocals. Drums biasanya hanya memiliki satu snare drum, satu tom, satu floor tom, satu bass drum, hi-hats, satu atau dua crash cymbal dan satu ride cymbal.



Lalu, sekarang siapa saja grup band yang mengusung genre punk rock..

Ramones, Sex Pistols, The Damned, the clash, nirvana, bad religion, bomberos, backstreet girls, dead kennedys, the misfits, crass. Rancid, Xcrosschecx merupakan beberapa contoh kasus jenis band yang mengusung genre punk rock..



Tetapi seiring perkembangan zaman, pop punk pun diadopsi dengan adanya band seperti the offspring dan juga greenday yaitu band favorit saya. Haha...




STUDI KASUS:

2010, Model Rambut Punk Rock 80-an Kembali Populer


MAESTRO rambut Indonesia, Rudy Hadisuwarno selalu menampilkan tren baru yang selaras dengan perkembangan mode. Kali ini, pakar rambut yang selalu terdepan di dunia kecantikan Indonesia ini memberikan paparan seputar model rambut yang makin digandrungi di 2010.

Rambut merupakan mahkota berharga bagi seorang wanita. Berbagai cara dilakukan untuk selalu bisa memamerkan rambut terindah dengan tren teranyar. Karenanya, tren rambut, baik potongan maupun pewarnaan, tak berhenti bermunculan untuk menjawab dahaga mereka terhadap perkembangan tren rambut terkini.

Untuk potongan rambut wanita, Rudy membaca tren yang bakal booming tahun ini adalah potongan sangat pendek, seperti halnya artis Rihanna. Alternatif potongan lainnya adalah lurus-asimetris dan model punk rock era 80-an.

“Pertama, guntingan rambut pendek, pendek banget seperti guntingan rambut penyanyi Rihanna, dan guntingan rambut lurus asimetris. Lalu yang kedua adalah inspirasi dari potongan model punk rock tahun 80-an itu akan kembali lagi,” kata Rudy Hadisuwarno kepada okezone pada acara tren rambut 2010 milik Matrix yang bertajuk “Individuality in The Flow” di O Club, FX Mall, Jakarta, Selasa (26/1/2010).

Bagi para pencinta rambut panjang, Anda masih bisa bertahan dengan model rambut yang Anda miliki. Pasalnya, menurut konsultan rambut di lifestyle.okezone.com ini, tidak ada perubahan tren secara signifikan pada rambut panjang.

“Untuk rambut panjang, ada dua. Satu, panjang sekali-bergelombang dengan poni yang penuh dan sangat feminim. Kemudian, rambut medium sepundak dengan gelombang-gelombang besar yang kesannya seksi,” jelas pria berusia 61 tahun yang masih terlihat muda ini.

Lantas, bagaimana tren potongan rambut pria? “Pria rambutnya agak panjang, enggak terlalu pendek. Kemudian bagian depan diturunkan untuk poni, dan bagian kuping juga ditutup, tapi tetap di-trap,” tukas pengusaha salon ini.

source: http://lifestyle.okezone.com/read/2010/01/27/195/298134/2010-model-rambut-punk-rock-80-an-kembali-populer

Opini & Kesimpulan:

Jadi intinya kita di materi pertama ini saya menceritakan genre music punk rock yang merupakan salah satu jenis genre music favorit saya dan di dalam genre ini pun memiliki seni dan keindahan yang sesuai dengan peran dari genre tersebut. Musiik pun merupakan keindahan yang dibuat manusia demi kepuasan manusia tersebut, jadi jenis musik ini juga bukan tanpa sebab dibuat dan itu juga bisa dibuat karena adanya keberagaman dan estetika keindahan yang tertanam dalam jenis musik ini. Maaf jika kata² saya acak²n, maklum saya juga sebagai mahasiswa masih harus banyak belajar..

Sekian.. Bersambung ke part 2 yah.. 


sumber referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Punk_rock


Manusia dan cinta kasih Bab IV (Part.2)

yah malam ini karena sudah terpepet terpaksa sedikit saja penjelasannya..
kemarin kita sudah menjelaskan tentang pengertian cinta, so..
skrng kita akan menjelaskan tentang kasih sayang..
disini saya akan mencontohkan sebuah cerpen tentang kasih sayang seorang ibu..

Kasih Sayang seorang Ibu (Prastia Puspita S)



Ibu adalah sosok wanita yang tegar dan tidak mengenal lelah. Ibu yang melahirkan kita, menjaga kita dan merawat kita hingga kita bisa sampai sebesar ini. Sangat berdosa sekali jika kita menyakiti hati ibu kita sendiri. Ada sebuah pepatah “Surga ditelapak kaki Ibu” yah memang benar sekali surga ada ditelapak kaki ibu itu artinya bahwa kita sebagai anak tidak boleh berbuat jahat kepada ibu apalagi sampai durhaka kepadanya. Begitu juga seperti kata Nabi Muhammad orang yang pertama harus kita hormati adalah ibu, ibu, ibu, dan ayah. kenapa demikian, karena ibu adalah sosok yang memang harus dihormati sesuai dengan perjuangan nya melahirkan kita. Tetapi kita sebagai anak banyak kadang atau bahkan sering membuat ibu kita marah atau kecewa kepada kita. Kita tidak mau mendengarkan nasihat ibu atau mungkin ngebebtak ibu. Seperti cerita yang akan saya buat ini bahwa kasih ibu memang benar sepanjang masa.

Nanda adalah seorang anak perempuan dari keluarga yang biasa-biasa saja.Dia tinggal di Jogjakarta dan dia berniat akan kuliah di Jakarta. Keinginannya pun terpenuhi begitu kelulusan SMA, dia diterima diperguruan tinffi yang ada diJakarta. Berengkat lah dia kejakarta seorang diri. Sebenarnya ibunya tidak mengijinkan nanda untuk kuliah diJakarta apalagi Nanda adalah anak daerah. Ibunya takut terjadi apa-apa pada Nanda. Ibunya tahu pergaulan diJakarta itu seperti apa. Ibunya dan Nanda haya tinggal berdua, ayah Nanda sudah meninggal sejak Nanda masih berusai 1 tahun. Ibunya bekerja disebagai seorang buruh pabrik dan juga sebagai penjual sayur-sayuarn di pasar. Sebenarnya untuk meguliahi Nanda ibunya tidak sanggup tetapi karena Nanda anak yang pintar maka diapun mendapat beasiswa untuk kuliah di Jakarta. Berangkat lah Nanda ke Jakarta dengan menggunakan kereta. Sesampainya di Jakarta Nanda kos disebuah kost-kostan putrid yang jaraknya tidak jauh dari kampus Nanda nanti. Waktu pun terus berjalan dan Nanda pun sekarang sudah masuk kuliah sebagai mahasiswi baru di Jakarta. Nanda pun sering mengirim surat pada ibunya untuk member kabar pada ibunya mengenai dirinya di Jakarta baik-baik saja. Dan dia juga bercerita bahwa dia mendpat teman yang sangat baik yaitu Selvi. Selvi anak Jakarta asli, atau bisa dibilang sebagai “anak gaul”. Nanda pun berteman dengan Selvi dan semakin hari semakin akrab.

Pertemanan mereka pun sangat akrab dimana ada Selvi di situ ada Nanda. Begitu juga sebaliknya. Hingga pada suatu saat Nanda melihat Selvi merokok. Dan Nanda pun kaget melihat Selvi seperti itu karena Nanda berasal dari daerah maka melihat hal seperti itu dia kaget sekali baginya seorang cewek merokok adalah hal yang sangat tidak baik.. Tetapi selvi menganggapnya biasa saja tidak ada yang istimewa, dia malah menawari Nanda untuk mencoba rokok seprti dirinya. Tadinya Nanda tidak mau mencoba, karena Nanda anak daerah yang masih sangat polos akhirnya dia nurut saja. dari sini semuanya terjadi. Nanda yang tadinya hanya merokok kini mulai mencoba untuk pergi ke clubbing bersama Selvi. Mereka pergi hamper tiap malam dan pulang baru pagi harinya. Selain pergi clubbing, Nanda juga mulai menggunakan narkoba. Dia diajari oleh siapa lagi kalau bukan Selvi sahabatnya sendiri orasng yang paling dekat dengan dia. Nanda pun semakin jarang menulis surat pada ibunya sendiri dia lebih memilih pergi bersenang-senang dengan teman-temanya dari pada harus menulis surat pada ibunya. Waktu terus berjalan hingga Nanda menjadi seorang pecandu narkoba. Pada suatu hari, saat Nanda dan selvi sedang clubbing ada sebuah razia yang dilakukan oleh polisi diclub tersebut. Nanda pun tertangkap polisi karena membawa narkoba sedangkan Selvi sahabatnya tidak tertangkap. Nanda pun dipenjara dan mengabari ibunya bahwa dirinya ditahan polisi karena membawa narkoba. Ibu Nanda pun kaget mendenga berita tersebut dan sangat sedih sekali. Ibunya pun langsung pergi ke Jakarta untuk melihat keaadan anak perempuan satu-satunya itu. Ibunya Nanda tidak mempunyai saudara satupun di Jakarta sehingga dia harus mengontrak rumah sebagai tempat tinggalnya di Jakarta. Setiap hari ibunya menjenguk Nanda dipenjara dengan kasih sayang ibu kepada anaknya, dia tidak memarahi Nanda atas apa yang menimpa Nanda tetapi dia menyalahi dirinya sendiri bahwa dia tidak mendidik Nanda dengan benaar sehingga dapat seperti sekarang ini. Berita Nanda dipenjara pun menyebar di daerah rumah Nanda mereka membicarakan Nanda yang dipenjara karena Narkoba tetapi ibunya sama sekali tidak malu atas aoa yang menimpa Nanda di terus mendukung Nanda tidak perduli apa kata orang lain mengenai drinya dan Anaknya Nanda. Selama Nanda dipenjara ibunya selalu menemani nanda dia tidak pulang ke Jogjakarta tapi dia menemani nanda hingga bebas dari penjara.

Akhirnya, Nanda pun bebas dia keluar dari penjara dan ibunya pun kembali ke Jogjakarta. Di Jogjakarta Pun ibunya mendapat berbagai gunjingan dari para tetangga mengenai Nanda. Tetapi ibunya tetap membela Nanda sebagai anak dia tidak malu atas apa yang menimpa Nanda dan dia juga tidak perduli dengan omongan orang mengenai dirinya dan Nanda. Waktu terus berjalan seperti biasa dan Nanda sudah kembali normal dia buak pecandu lagi karena ibunya membawanya ke panti rehabilitasi bagi anak-anak pecandu narkoba. Tetapi memang pergaulan yang membuat Nanda seperti kemarin.p ada suatu hari lagi-lagi Nanda mengulangi kesalahanya kali in dia hamil diluar nikah oleh seorang cowo teman kampusnya namanya Andrian dan parahnya andrian tidak mau bertanggung jawab atas apa yang telah dilkukannya. Mendengar berita tersebut, ibunya sangat kaget sekali dan benar-benar sedih anak satu-satunya yang dia banggakan yang bisa memgangkat derajat keluarga di mata orang lain kini teklah menghancurkan harapan ibunya dengan adanya musibah tersebut. Nandapun pulang ke Jogjakarta dengan keadaan seperti itu. Dia menjadi bahan omongan orang lain dan tetangganya sendiri. Yang paling terpukul adalah ibunya diaanggap tidak bisa mendidik Nanda dengan benar. Tetapi ibu Nanda tidak memperdulikan omongan orang dia terus merangkul Nanda sebagai anak yang dia kandung selama 9 bulan 10 hari dan juga dia besarkan. Biarpun sakit, dia telah memaafkan Nanda atas apa yang telah diperbuat. Dia sangat sabar meghadapi omongann orang dan mengganggap apa yang terjadi sebagai kesalahannya dan juga sebagai musibah.

source: http://www.tyazz.co.cc/2010/02/cerpen-kasih-sayang-seorang-ibu.html

OPINI

dari cerita ini dapat disimpulkan bahwa kita sebagai manusia pasti memiliki cinta dan kasih sayang seperti contoh cerpen di atas pun bahwa kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya, oleh karena itu kita sebagai anak yang berbakti pada orang tua seharusnya menghormati orang tua kita agar kelak dapat menjadi bangsa yang berguna bagi bangsa dan negara. Amin..!!!

yah mungkin cuma ini saja sedikit ulasan tentang cinta kasih sayang..
kurang lebihnya mohon maaf, berhubung waktu seudah terpept jadi saya buat seadanya saja..
thx yang mau baca...

Manusia dan cinta kasih Bab IV (Part.1)

sudah tidak terasa sudah bulan Maret dan ini bertepatan dengan 
hari ulang tahun ayahku (12 maret 2011) tapi saya blum 
mengucapkannya. Hehe... 
langsung saja, Di bab IV ini saya akan menjelaskan tentang 
cinta terhadap orang lain (lawan jenis). wew...
Saya sebenarnya kurang pandai menulis tetapi kali ini saya akan 
coba sesuai kemampuan saya, maaf kalau ada kekurangan dalam 
penulisan ini.
Sediakan makanan untuk membaca tulisanku ini agar tidak bosan. 
Selamat membaca.. (No Repost..!!)
Bismillah... 

 
 
 
 
 
 
   
Cinta, apa itu cinta? Ada banyak definisi 
tentang cinta, ada yang bilang cinta itu takdir, 
cinta itu buta, cinta itu indah, cinta itu luapan emosi, cinta itu 
kagum atau menyukai sesuatu, dan lain sebagainya. 
Pernyataan diatas tentang cinta itu adalah benar,namun terlepas dari 
itu semua, ilmu pengetahuan mengatakan bahwa cinta itu adalah proses 
biologis berupa reaksi kimia didalam tubuh kita. Menurut buku yang 
pernah saya baca yaitu buku "Ilmu Pengetahuan Tentang Cinta",  
karya Yoga PW bahwa Cinta itu dipengaruhi oleh pelepasan 
hormon/neurotransmitter. Hormon berasal dari bahasa Yunani 
"Horman" yang berarti "menggerakan", atau dengan kata lain hormon 
adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel. 
Berbeda dengan feromon yang dapat menyebar keluar tubuh dan hanya 
dapat mempengaruhi dan dikenali oleh individu lain yang sejenis 
(satu spesies), hormon hanya dapat menyebar di dalam tubuh. 
Saat kita mencintai seseorang maka dilepaslah hormon – hormon 
yang membuat tubuh kita bereaksi, merasakan berbagai perasaan 
dan emosi. Salah satu hormon yang dikeluarkan oleh tubuh itu 
adalah dopamin. Dopamin ini memiliki efek selayaknya kokaine
Ketika Anda bertemu seseorang yang Anda sukai, hormon dopamine 
ini bekerja dan sifatnya addictive. Artinya mereka yang menyukai 
pasangannya seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan 
orang yang disukainya itu. 

cinta itu banyak jenisnya bukan hanya kita cinta kepada orang yang 
kita cintai, bisa cinta terhadap diri, cinta terhadap sesama manusia, 
cinta pada keluarga dan cinta terhadap Tuhan..
Tapi saya disini akan menjelaskan cinta kepada lawan jenis.. 
Lanjutt....

Sekarang kita ke studi kasus..


Bicara masalah pacaran atau bicara tentang cinta itu gak ada abisnya deh, apalagi anak² jaman sekarang gaya pacarannya terlalu berlebihan dan kelewatan. Haha... (maklum lah lagi masa² muda..!!)

Jaman sekarang beda seperti jaman baheula, kalo jaman baheula mungkin masih pacaran dengan gaya tradisionil masih main surat – suratan. Tapi seiring perkembangan jaman semua berubah, anak muda jaman sudah macam², ada yang jalan² lah ,makan² berdua lah trus nonton di bioskop lah. Yah pada intinya sih itu semua memang baik yah tetapi kita juga jangan terlalu berlebihan dalam berpacaran, apalagi sekarang kalau ada orang yang jadian pasti ujung²`a pasti PJ deh, wkwkwk... mau jadian aja ada pajaknya ye, tapi bagus juga sih kan kita bangsa Indonesia harus bayar pajak termasuk pajak jadian juga. Haha... (itu dia w malesnya pacaran untuk saat ini, sebenernya sih w mau. Haha...)

(maklum anak kuliah finansial terbatas. Haha...)

Jaman sekarang ada sebagian orang yang sudah punya pacar trus putus nanti pacapan lagi.. dah itu lau jadian pasti langsung update n ganti relationship. Bahagianya mereka, tapi jgn berlebihan. Pengalaman w juga adal agi, ada tuh temen w teleponan lau malem minggu ada sampe jam 1 pagi kali, bner² dah pada gila anak² sekarang.
Yah dari semua kejadian itu pada intinya ada di diri kita dan pasangan kita coz yang menjalankan hubungan itu kan kita dan pasangan kita. Jadi kita dalam menjalin hubungan apa adanya saja boleh lah kita jalan² tau apa tapi jangan terlalu berlebihan dalam gaya berpacarannya. Setiap orang pun memiliki gaya pacaran yang berbeda pula. Yah saran w sih pacaran sah² saja tapi jangan kelewatan yah..!! yah dengan berkembangnya jaman, kita harus lebih membekali diri kita dengan keyakinan (iman) kita agar tidak salah dalam berpacaran. (so bijak ye w. Haha..)

Pada intinya Cinta Itu Indah..

Wah ga terasa udah setengah jam saya bikin tulisan ini, yah mungkin itu saja tulisan dari saya. Maaf jika dalam tulisan saya menyinggung karena tulisan ini saya buat apa adanya dengan hati saya, jika ada kesalahan itu datangnya dari saya sendiri dan jika ada kebenaran itu datangnya dari Allah S.W.T..

inti hubungan studi kasus ini dengan materi bab IV yaitu:

  • Cinta itu diibaratkan rasa suka terhadap siapa saja bisa diri sendiri,orang lain, sesama manusia itu sendiri dan pula terhadap Tuhan.
  • Antara cinta dan kasih sayang memiliki kesamaan sehingga kata kasih sayang memperkuat rasa cinta itu.
  • Cinta sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.
  • Cinta itu sifatnya memberi bukan meminta maksudnya cinta itu kita memberi perhatian dan tanggung jawab kepada orang yang kita cintai.
  • Yang terakhir, pada intinya cinta teritnggi kita adalah kecintaan kita terhadap Tuhan..
Yah mungkin itu saja dari saya kurang lebihnya mohon maaf, nanti ada lanjutan untuk part.2

Bersambung...

Sumber referensi: MKDU: IBD , widyo nugroho, achmad muchji juni 1996, gunadarma

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda

My Pet..

Get snow effect

Chat Box

About this blog

Tempat kuliahku

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zept Vengeance. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

About Me

Foto saya
w orang yg simple n ga neko2..

Followers

Text


Recent Comments