Pembuatan Garis dengan OpenGL

Nama : Asep Indra Kusumah

Kelas : 3ka28
NPM : 11110169


                Disini saya akan menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing pada mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan juga diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ yang dipadukan dengan library khas dari OpenGL yaitu Glut.h.


Pada pembuatan ketiga garis ini saya menggunakan software Dev C++ untuk compiler dan juga dipadukan dengan library OpenGL, dan disini untuk memulai project ini kita terlebih dahulu memasukkan package Glut.h pada Dev c++ dengan cara klik di menu tools dan pilih package manager lalu setelah itu klik install dan cari file bernama “glut-3.7.6-bin”, setelah itu kita open dan kita akan menuju ke installer untuk library OpenGL, lalu kita klik install dan finish, sekarang kita buat projectnya dengan cara klik new dan pilih project lalu pilih di tab Multimedia dan pilih OpenGL, lalu saya disini membuat nama file ‘garis’ lalu klik OK.



Pembuatan Garis Vertikal
Pertama kali kita akan membuat garis vertikal dengan C++ dan library OpenGL, pertama pada saat kita membuat project OpenGL kita akan disuguhkan dengan coding asli dari library tersebut dan perlu diperhatikan disini terdapat lokasi untuk pembuatan coding perhatikan pada coding berikut “/*OpenGL animation code goes here*/”, itu adalah komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++ dan disitulah kita mulai memasukkan coding dan inilah isi source tersebut..
Coding Vertikal:
[Vertikal]
/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);
}
}

Logika: pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal. 

Pembuatan Garis Horizontal

 sama seperti sebelumnya yang kita perlukan disini hanya pemasukkan untuk coding dan juga pemahaman tentang koordinat, dan disini kita membuat coding untuk garis horizontal, codingnya adalah sebagai berikut:
Coding Horizontal:
[Horizontal]
/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);

glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

}
}


Logika: pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal. 

Pembuatan Garis Diagonal
ini yang terakhir, kita akan membuat garis horizontal dan inilah source code nya..
Coding Diagonal:
[Diagonal]

/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);

glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

}
}

Logika: pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal. 

Sekian penjelasan tugas "grafik komputer & Olah Citra" tentang Pembuatan garis dengan OpenGL, Semoga Bermanfaat..!!!



posted under |

2 komentar:

Riski Syendi mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'OpenGL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2293/1/Differences%20Of%20Cube%20Mapping%20and%20Dynamic%20Cube%20Mapping.pdf
terimakasih

cici mengatakan...

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

My Pet..

Get snow effect

Chat Box

About this blog

Tempat kuliahku

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zept Vengeance. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

About Me

Foto saya
w orang yg simple n ga neko2..

Followers

Text


Recent Comments