Tinjauan tentang Ilmu Budaya Dasar (IBD)


Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai – nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari. Disinilah diharapkan kegunaan mata kuiah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan. Diharapkan agar mata kuliah ini dapat menjadi semacam “lingua franca” bagi para akademi dan berbagai lapangan ilmiah. Dengan mendapat mata kuliah ilmu budaya dasar mahasiswa dapat memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar mahasiswa demikian turut mendukung dan mengembangkan budaya sendiri dengan kreatif. Jadi secara singkat dapatlah dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa dapaat memperlihatkan:


1.      Minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa.
2.     Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari.
3.     Memikirkan dengan hati terbuka nilai-nilai yag dianutnya.
4.     Keberanian moral untuk mempertahankan nilai yang dirasanya sudah dapat diterima dengan penuh tanggung jawab.

Secara sederhana pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah - masalah manusia dan kebudayaan. Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya dasar tidak lain adalah usaha yang diberikan dapat memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah - masalah manusia dan kebudayaan, dengan demikian maka mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan mereka terhadap nilai – nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.


Dalam IBD, terdapat pokok bahasan yang akan dikembangkan yaitu:


-         Manusia dan cinta kasih
-         Manusia dan keindahan
-         Manusia dan penderitaan
-         Manusia dan keadilan
-         Manusia dan pandangan hidup
-         Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
-         Manusia dan kegelisahan
-         Manusia dan harapan

Jadi, Ilmu budaya dasar itu bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat, dan ilmu lain yang terdapat pada pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar hanya mempergunakan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati masalah – masalah kemanusiaan dan budaya.

OPINI: jadi dalam mata kuliah Ilmu budaya ini kita akan diajarkan kebudayaan apa yang ada di Indonesia, dan dengan adanya mata kuliah ini diharapkan kita sebagai mahasiswa paham akan nilai kebudayaan dan juga dapat mengkaji masalah – masalah manusia dan juga kebudayaan

Sumber referensi: widyo nugroho & achmad muchji, MKDU: Ilmu Budaya Dasar,  Seri Diktat Kuliah, Gunadarma

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

My Pet..

Get snow effect

Chat Box

About this blog

Tempat kuliahku

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zept Vengeance. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

About Me

Foto saya
w orang yg simple n ga neko2..

Followers

Text


Recent Comments