Individu, keluarga dan masyarakat

Makna keluarga
Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah kelompok yang terbentuk dari perhubungan laki – laki dan wanita. Perhubungannya berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak – anak. Jadi, keluarga dalam bentuk murni adalah satu kesatuan sosial ini mempunyai sifat – sifat tertentu yang sama.
5 macam sifat yang terpenting dalam keluarga antara lain:
  1. Hubungan antara suami – istri. 
  2. Bentuk perkawinan dimana suami dengan istri itu diadakan dan dipelihara. 
  3. Susunan nama – nama dan istilah – istilah termasuk cara menghitung keturunan. 
  4.  Milik atau harta benda keluarga
  5. Pada umumnya keluarga itu tempat bersama.
Makna Masyarakat
seperti halnya dengan definisi sosiologi yang banyak jumlahnya kita dapati pula definisi tentang masyarakat. Mengenai arti dari masyarakat, disini kita mengemukakan beberapa pendapat tentang arti masyarakat.
  1. Menurut R.Linton, masyarakat adalah setiap kelompok masyarakat yang sudah cukup lama hidup dan bekerja sama.
  2. Menurut M.J. Herkovist, masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti satu cara hidup tertentu.
  3. Menurut Gilllin, masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang sama.
  4. Menurut S.R Steinmetz, masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar yang meliputi pengelompokkan manusia yang lebih kecil.
  5. Menurut Hasan shadily, masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia.
Kalau kita mengikuti definisi dari Linton, maka masyarakat itu timbul dari setiap kumpulan individu yang sudah cukup lama hidup dan bekerjasama dalam waktu yang lama.
Kelompok manusia yang dimaksud di atas yang belum terorganisasikan mengalami proses yang fundamental, yaitu:
  • Adaptasi dan organisasi dari  tingkah laku para anggota.
  • Timbul peranan berkelompok secara lambat laun atau lesprit de corps.

Hubungan antara Individu, keluarga dan masyarakat

          Dari uraian di atas diketahui bahwa masyarakat memiliki arti yang luas dan sempit. Dalam arti yang luas masyarakat berarti keseluruhan hubungan dalam hidup bersama tanpa dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya. Di dalam hubungan antara manusia dengan manusia yang lain yang penting adalah reaksi sebagai akibat dari hubungan tersebut, manusia sebagai makhluk sosial tersusun dalam kelompok tertentu.
          Jadi masyarakat itu dibentuk oleh individu – individu yang beradab dalam keadaan sadar. Membentuk satu kesatuan dapat disebut individu sebagai anggota masyarakat.  Dan di dalam masyarakat itu terdapat individu – individu dan keluarga – keluarga yang hidup secara bersama tanpa dibatasi oleh lingkungan. 

STUDI KASUS 
 
STUDI KASUS KONFLIK DALAM INDIVIDU
Masalah narkoba merupakan masalah nasional dan internasional. Perkembangannya dari hari ke hari sulit untuk diberantas. Menurut hasil penelitian Dadang Hawari, Irawati Hawari dan Asmarohadi tahun 1998 terhadap 100 penderita atau pasien, hasilnya setiap penderita ketergantungan narkotika jenis opiat (heroin) yang diperiksa, ada 9 hingga 10 penderita lainnya (9,72%). Kematian pada penderita ketergantungan narkotika jenis opiat (heroin) mencapai 17,16%. Dengan demikian, jika ditemukan satu orang korban narkotika, maka jumlah korban narkotika yang ada di sekitarnya diperkirakan adalah 9 atau 10 kalinya. Angka ini pun didukung oleh ketentuan WHO. Risiko kematian, baik akibat over dosis (OD) atau lainnya juga relatif tinggi mencapai 17,16%.

STUDI KASUS  ANTAR KELOMPOK
Pada waktu sekarang ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan perilaku tawuran yang dilakukan oleh berbagai suporter di kancah liga super indonesia. Bahkan tawuran seperti ini tidak jarang mengakibatkan luka-luka hingga berujung pada kematian. Tawuran ini sangat mudah dipicu dengan saling olok-mengolok antar suporter, tensi pertandingan, kepemimpinan wasit, dan masih banyak pemicu lainnya. Pemicu inilah yang memudahkan munculnya tawuran antar suporter yang merasa geram, tidak terima, ataupun kesal terhadap suporter lawan. Lokasi tawuran sendiri sering juga terjadi dikota-kota besar di indonesia, khususnya daerah barat indonesia. Hal ini senada dengan seringnya pertandingan-pertandingan klub elit di indonesia. Klub elit inilah yang memiliki suatu magnet yang luar biasa dalam mendatangkan keuntungan bagi pihak penyelenggara tetapi juga mendatangkan kerusakan di daerah kota akibat tawuran. Fanatisme dalam persepakbolaan di indonesia memang sangat berlebihan dan bersifat lokal bukan secara universal. Inilah yang dapat mengakibatkan munculnya permusuhan antara pendukung tim satu dengan tim yang lain. Berbeda dengan liga eropa seperti halnya inggris. Fanatisme lebih bersifat universal akibat meratanya pemain tim nasional inggris diberbagai klub liga inggris, dan juga di dukung dengan prestasi yang diraih oleh tim nasional mereka. Jika tim nasional indonesia memiliki reputasi yang baik di kancah internasional maka fanatisme lokal akan berubah menjadi fanatisme universal, akibat meratanya pemain tim nasional yang mereka gandrungi. Sehingga sehingga pemain Medan dianggap juga milik orang Surabaya, pemain Surabaya jadi milik orang Makassar, dan seterusnya.Kefanatikan lokal dapat membuat suatu kelompok menjadi sangat solid kerena mereka mempunyai keterikatan bersama sehingga sikap imitasi dari sebagian besar anggota suporter yang masih remaja ini dikhawatirkan memicu problem sosial yang lebih serius. Mungkin awalnya hanya senang, namun selanjutnya memberi contoh sehingga ikut senang merusak.
sumber: http://www.psikologizone.com/konformitas-dalam-perilaku-tawuran-supporter-sepak-bola

OPINI
          Menurut saya antara individu, keluarga dan masyarakat itu memnag saling berhubungan karena tanpa adanya masyarakat maka kita akan menjadi manusia individualism, oleh karena itu masyarakat dibentuk demi kehidupan bersama dan keluarga sebagai pelengkap dalam kehidupan bermasyarakat.

Sumber Referensi:
harwantioko & naltjie F.katuuk, MKDU: Ilmu Sosial Dasar, Seri Diktat Kuliah, Gunadarma

posted under |

1 komentar:

agen bola mengatakan...

wahhhhh... tiga2nya g bsa di lepasin gan

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

My Pet..

Get snow effect

Chat Box

About this blog

Tempat kuliahku

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zept Vengeance. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

About Me

Foto saya
w orang yg simple n ga neko2..

Followers

Text


Recent Comments