Pages

Rabu, 07 Maret 2012

" Faktor yang mempengaruhi penawaran " (Tulisan 2)














Pada suatu penawaran pun didapat sebuah faktor yang sangat mempengaruhi dalam penawaran produk di suatu pasar, beberapa faktor itu antara lain:

- Harga barang itu sendiri
- Harga barang-barang lain/harga barang baku
- Kebijakan pemerintah
- Anggaran / dana / budget
- Daya konsumsi masyarakat / tingkat permintaan
- Ongkos dan biaya produksi
- Tujuan produksi dari perusahaan
- Teknologi yang digunakan
- dll..

Apabila beberapa faktor di atass tetap selain harga barang itu sendiri, maka penawaran hanyya ditentukan oleh harga yang artinya besar kecilnya perubahan penawaran dideterminasi/ditentukan oleh besar kecilnya perubahan harga. dalam hal ini berlaku perbandingan lurus antara harga terhadap jumlah barang yang ditawarkan. sebagaimana konsep asli dari penemuannya (Alferd Marshall), maka perbandingan lurus antara harga terhadap penawaran itu sendiri disebut dengan hukum penawaran.

Bersambung..



Sumber: 
Reksoprajitno, soedijono. 1993. Pengantar ekonomi mikro prilaku harga pasar. Jakarta: gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar